Thursday, January 11, 2007

Enam Tersangka Teroris Poso Diperiksa Intensif di Polda Sulteng

Palu – Enam orang tersangka teroris yang ditangkap oleh Detasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri, Polda Sulteng dan Polres Poso akhirnya dibawa ke markas Polda Sulteng di Jalan Sam Ratulangi, Palu, Sulawesi Tengah. Empat orang dalam keadaan luka-luka dan saat ini tengah dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara dengan pengawalan ketat. Sementara dua orang langsung dimasukan ke dalam tahanan Direkorat Reserse dan Kriminal Polda Sulteng.

Mereka yang ditangkap adalah Anang Muftadin alias Papa Enal (40), Abdul Muis (25), Upik Bonesompe alias Pagar (22) dan Paiman alias Sarjono (33). Keempat tersangka teroris ini ditangkap saat Densus 88 melakukan penyergapan di Jalan Pulau Jawa II di rumah Basri Kamis (11/1/2006) pukul 06.30 WITA kemarin. Sementara Ma’ruf Jainuri (30) dan Imran (20) yang tertangkap tangan membawa bom ditangkap sesudahnya. Mereka mendapat tugas melempari bom. Mereka ditangkap di Kelurahan Moengko, Poso Kota.

Saat ini, mereka tengah menjalani pemeriksaan intensif di Polda Sulteng. Begitu pun dengan empat tersangka teroris lainnya yang masih dirawat di RS Bhayangkara.

Sumber di Kepolisian menyatakan keenam tersangka teroris ini berasal dari satu jaringan yang sama. Mereka selama ini dikenal sebagai kelompok Mujahiddin Kayamanya dan Mujahiddin Tanah Runruh. Mereka diduga terlibat serangkaian aksi-aksi peledakan bom dan penembakan misterius di Poso dan Palu, Sulawesi Tengah.

Sejauh ini, belum ada keterangan terkait keterlibatan mereka. Namun Kapolda Sulteng Badrodin Haiti membenarkan bahwa keenamnya kini sudah ditahan di Polda Sulteng.

Dari tangan tersangka dan di kediaman mereka, Polisi berhasil menyita 12 pucuk senjata api rakitan, sepucuk M-16, dua pucuk SKS, sepucuk SS-1, sepucuk revolver SNW dan sepucuk GLM. Lalu sebuah magazen M-16 berisi 29 amunisi, amunisi caliber 119 butir, amunisi SKS 57 butir, amunisi V1 30 butir, amunisi SG sebutir dan amunis US Thompson 31 butir.

Sementara, hari ini, situasi Kota Poso terlihat tenang. Penjagaan hanya diperketat di lingkungan Polres Poso. Sementara di pos Kepolisian Masyarakat masih dikosongkan.***

0 comments:

Blog Info

BLOG ini berisi sejumlah catatan jurnalistik saya yang sempat terdokumentasikan. Isi blog ini dapat dikutip sebagian atau seluruhnya, sepanjang menyebutkan sumbernya, karena itu salah satu cara menghargai karya orang lain. Selamat membaca.

Dedication Quote

ORANG yang bahagia itu akan selalu menyediakan waktu untuk membaca, karena itu sumber hikmah. Menyediakan waktu tertawa karena itu musiknya jiwa. Menyediakan waktu untuk berfikir karena itu pokok kemajuan. Menyediakan waktu untuk beramal karena itu pangkal kejayaan. Menyediakan waktu untuk bersenda gurau karena itu akan membuat awet muda.Menyediakan waktu beribadah karena itu adalah ibu dari segala ketenangan jiwa. [Anonim]