Tuesday, January 30, 2007

Polisi Temukan 9 Ribu Amunisi dan 168 Bom


Poso - Kepolisian terus berupaya memperkecil ruang gerak kelompok bersenjata dan mematahkan kekuatannya dengan melakukan penyisiran di sekitar kawasan Tanah Runtuh, Poso, Sulawesi Tengah. Sebelumnya kawasan ini menjadi basis kelompok tersebut. Dari penyisiran yang dilakukan sepekan terakhir, Polisi berhasil menemukan puluhan senjata api organik dan rakitan, ratusan bahan peledak serta ribuan butir amunisi. Penyisiran dilakukan di kawasan hutan, perbukitan dan di rumah-rumah penduduk.

Juru Bicara Satuan Tugas Humas Polda Sulteng AKBP Wibowo menyatakan bahwa diduga masih banyak senjata api, amunisi dan bahan peledak yang disembunyikan oleh kelompok bersenjata. Saat ini, penyisiran dikosentrasikan di kawasan Tanah Runtuh dan Kayamanya, yang sebelumnya disebut-sebut sebagai basis pertahanan kelompok bersenjata di Poso.

“Penyisiran ini terus dilakukan untuk memperkecil ruang gerak para DPO dan kelompok bersenjata yang mendukungnya, serta membersihkan kedua kawasan itu dari senjata api, amunisi dan bahan peledak yang dikuasai warga di luar kewenangannya,” kata Wibowo.
dalam

Warga setempat menyambut baik upaya penyisiran yang dilakukan oleh Polisi tersebut. Mereka berharap dapat kembali hidup tenang.

“Kalau saya yang penting amanlah. Supaya bisa tenang bekerja,” ujar Ibu Kadria, warga Tanah Runtuh, Kelurahan Gebangrejo, Poso Kota.

Rata-rata warga setempat mengaku takut dengan adanya kelompok bersenjata itu. Misalnya, Masri.

“Saya tidak mau ikut-ikutan mereka, karena kenanya ke saya nantinya. Saya juga tidak kenal siapa semua mereka itu,” aku Masri.

Jadi, tentu saja warga setempat tidak segan-segan menunjukkan di mana kemungkinan disembunyikannya. senjata api, amunisi dan bahan peledak di kawasan itu. Meski tidak sedikit yang masih takut buka mulut, karena mengkhawatirkan keselamatan dirinya.




------------------------------------------------------------------------------------
Hasil penyisiran senjata api, amunisi dan bahan peledak di Poso sejak 22-31 Januari 2007
------------------------------------------------------------------------------------
Senjata Api:
Senjata Laras Panjang Rakitan (41 pucuk)
Senjata Api Laras Panjang Organik (8 pucuk) Terdiri dari M-16, SKS, US Carabine dan MK3
Senjata Laras Pendek Rakitan (10 pucuk)
Senjata Api Laras Pendek Organik (4 pucuk) jenis Smith & Wenson dan Walter

Amunisi:
Amunisi dari berbagai caliber (9.095 butir) terdiri dari caliber 5,56 milimeter, 38,9 m millimeter dan caliber 30 milimeter

Bahan Peledak:
Bom Rakitan (168 buah)
Granat Tangan (1 buah)
Granat Lontar (10 buah)
------------------------------------------------------------------------------------

2 comments:

Term Papers said...

It’s a great post Man, you really are a good writer! I’m so glad someone like you have the time, efforts and dedication writing, for this kind of article… Helpful, Useful, and Charitable.. Very nice post!

Term Papers said...

Amazing work done by the police, showed their forth effort. Great job done. Keep it up.

Blog Info

BLOG ini berisi sejumlah catatan jurnalistik saya yang sempat terdokumentasikan. Isi blog ini dapat dikutip sebagian atau seluruhnya, sepanjang menyebutkan sumbernya, karena itu salah satu cara menghargai karya orang lain. Selamat membaca.

Dedication Quote

ORANG yang bahagia itu akan selalu menyediakan waktu untuk membaca, karena itu sumber hikmah. Menyediakan waktu tertawa karena itu musiknya jiwa. Menyediakan waktu untuk berfikir karena itu pokok kemajuan. Menyediakan waktu untuk beramal karena itu pangkal kejayaan. Menyediakan waktu untuk bersenda gurau karena itu akan membuat awet muda.Menyediakan waktu beribadah karena itu adalah ibu dari segala ketenangan jiwa. [Anonim]