Saturday, January 13, 2007

Dua DPO Terorisme Diduga Pelaku Bom Betalembah

Palu – Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah menyatakan sudah mengetahui identitas dua pelaku peledakan bom di jalan raya, poros Poso-Napu pada Rabu (27/12) lalu. Saat ini tersangka yang identitasnya dirahasiakan terus diburu aparat gabungan. '' Ada dua pelakunya. Saat ini dalam pencarian aparat,'' kata Kapolda Brigjen Pol Badrodin Haiti, Rabu (3/12).

Kapolda menjelaskan, bom yang meledak di pinggir jalan tepatnya di Desa Betalembah itu, merupakan aksi teror oleh pelaku yang tidak menginginkan kedamaian. Kebetulan di Desa Tangkura malam itu ada rencana kegiatan dero. Karena ketatnya penjagaan, kuat dugaan bom tersebut diletakkan pelaku di sembarang tempat.

Kapolda tidak bersedia membeber identitas lengkap dua pelaku yang sudah diidentifikasi tersebut dengan alasan masih dalam penyelidikan. Namun bocoran diperoleh koran ini, kedua pelakunya masih ada kaitannya dengan para pelaku yang masuk daftar pencarian orang (DPO). Polisi juga menduga sebagian rangkaian bom tersebut bahan bakunya diperoleh dari Palu seperti timer (jam).

Sekadar diketahui, bom meledak di Desa Betalemba Kecamatan Poso Pesisir Selatan, Rabu (27/12) sekitar pukul 22. 00 Wita. Ledakan yang terjadi persis di pinggir jalan raya jurusan Poso-Napu (20 km dari kota Poso, red), tepatnya di depan rumah Albert Gariwo itu, sempat membuat warga desa Betalemba panik.

Pasalnya, suara bom yang menggelegar terdengar hingga radius puluhan meter. Apalagi saat itu, sebagian penduduk desa telah lelap dalam tidur, karena kondisi desa yang sedang diguyur hujan dan mati lampu.

Saat itu, dari hasil penyisiran tim jihandak yang di BKO-kan di Poso ditemukan 2 (dua) buah bom rakitan aktif lain yang terletak tidak jauh dari lokasi ledakan pertama. Yakni sekitar 15 meter dari TKP. Tim jihandak tak mau ambil risiko dan kemudian meledakan (men-disposal) kedua bom tersebut di TKP.

Dari olah TKP, polisi menemukan sejumlah barang bukti serpihan bom berupa, casing yang terbuat dari kaleng cat Avian, potongan besi, serta serpihan baterai. Namun polisi menyebutnya bom tersebut masuk kategori low explosive atau berdaya ledak rendah.***

0 comments:

Blog Info

BLOG ini berisi sejumlah catatan jurnalistik saya yang sempat terdokumentasikan. Isi blog ini dapat dikutip sebagian atau seluruhnya, sepanjang menyebutkan sumbernya, karena itu salah satu cara menghargai karya orang lain. Selamat membaca.

Dedication Quote

ORANG yang bahagia itu akan selalu menyediakan waktu untuk membaca, karena itu sumber hikmah. Menyediakan waktu tertawa karena itu musiknya jiwa. Menyediakan waktu untuk berfikir karena itu pokok kemajuan. Menyediakan waktu untuk beramal karena itu pangkal kejayaan. Menyediakan waktu untuk bersenda gurau karena itu akan membuat awet muda.Menyediakan waktu beribadah karena itu adalah ibu dari segala ketenangan jiwa. [Anonim]