Saturday, January 27, 2007

Banyak Senjata Illegal Beredar di Poso

POSO – Sekretaris Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Agustadi SP, pecan ini di Poso, Sulawesi Tengah menyatakan banyak senjata illegal beredar di masyarakat. Rabu kemarin dalam kunjungan di Poso, Agustadi sempat meninjau lokasi tempat terjadinya baku tembak anggota Polisi dengan kelompok bersenjata saat patroli dan penyergapan kelompok bersenjata di Gebangrejo, Poso Kota. Pemerintah, menurutnya mendukung upaya Polisi tersebut.

Agustadi menyatakan operasi kemanan yang dilakukan Polisi, Senin (22/1), sudah tepat. Bahkan kata dia, upaya penegakan hukum dalam bentuk operasi pasukan ini, adalah jalan akhir setelah buntunya jalan persuasif yang dibuka aparat kepolisian.

"Operasi penegakan hukum kemarin sudah prosedural. Operasi ini juga telah di koordinasikan dengan Menko Polhukam," kata Agustadi.

Dalam kesempatan itu, dia juga menegaskan bahwa operasi keamanan di Poso masih sepenuhnya menjadi wewenang pihak Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah. "Masalah Poso tetap menjadi wewenang teritorial Polda setempat," ujar Sesmenko Polhukam ini.

Di lain pihak, ia menyayangkan sikap masyarakat yang kurang terbuka kepada Polisi. Mestinya, masyarakat membantu memberikan informasi kepada Polisi terkait upaya penegakan hukum. Bahkan Agustadi menyayangkan banyaknya senjata illegal yang beredar di masyarakat.

Kapolda Brigjen Badrodin Haiti berkomentar bahwa mereka yang terlibat di lapangan, kemungkinan besar dimobilisasi oleh para DPO dan pihak-pihak lain. Sejauh mana keterlibatan mereka, itulah yang menjadi pokok penyidikan Polisi. ***

0 comments:

Blog Info

BLOG ini berisi sejumlah catatan jurnalistik saya yang sempat terdokumentasikan. Isi blog ini dapat dikutip sebagian atau seluruhnya, sepanjang menyebutkan sumbernya, karena itu salah satu cara menghargai karya orang lain. Selamat membaca.

Dedication Quote

ORANG yang bahagia itu akan selalu menyediakan waktu untuk membaca, karena itu sumber hikmah. Menyediakan waktu tertawa karena itu musiknya jiwa. Menyediakan waktu untuk berfikir karena itu pokok kemajuan. Menyediakan waktu untuk beramal karena itu pangkal kejayaan. Menyediakan waktu untuk bersenda gurau karena itu akan membuat awet muda.Menyediakan waktu beribadah karena itu adalah ibu dari segala ketenangan jiwa. [Anonim]