Monday, January 15, 2007

Kelompok Mujahidin Tembak Menembak dengan Brimob

Poso - Kota Poso, Sulawesi Tengah kembali memanas. Menyusul tertangkapnya enam orang dan ditembak matinya dua tersangka terorisme di Poso oleh tim Detasemen Khusus 88 Antiteror dalam sebuah penyergapan ketakutan masih saja mencekam warga Kota Poso. Senin (15/1) sore hingga Selasa (16/1) dinihari tembak menembak antara Satuan Brimob dan kelompok Mujahiddin Kayamanya kembali terjadi. Namun tidak ada korban dalam aksi tembak menembak itu.

Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah Brigadir Jenderal Polisi Badrodin Haiti menyatakan bahwa warga yang diduga digerakan oleh sejumlah tersangka terorisme yang sudah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Mabes Polri menghadang patroli Polisi di Jalan Irian Jaya, Kelurahan Gebangrejo, Poso Kota.

“Mereka melakukan penghadangan patroli Polisi dengan memasang barikade di jalan-jalan yang akan dilalui. Mereka juga melakukan pelemparan dan penembakan yang dibalas oleh anggota sebagai tindakan bela diri,” jelas Badrodin.

Badrodin juga menyampaikan bahwa Polisi sampai kini masih terus mengejar 18 orang tersangka terorisme yang sudah dimasukkan dalam DPO Mabes Polri.


Patroli Polisi yang sebagian besarnya berasal dari Satuan Brimob dengan menggunakan baracuda, kendaraan taktis lapis baja berhasil membersihkan barikade yang dibuat warga. Namun warga terus melakukan perlawanan dengan melempar dan menembak.

Dari kesaksian Ahmad, warga Kelurahan Gebangrejo suasana benar-benar mencekam sejak Senin sore hingga Selasa dinihari. Lampu-lampu jalan sengaja dimatikan. Sementara suara tembak-menembak terus terdengar.

“Saya sempat melihat ada warga yang menenteng senjata laras panjang, kemungkinan M-16. Meski kalah jauh dengan patroli Polisi mereka berhasil memukul mundur aparat sampai ke depan Pasar Sentral Poso,” tuturnya.

Sementara itu, suasana Selasa pagi kembali normal. Aktivitas ekonomi di Pasar Sentral Poso kembali seperti biasanya. Lalu lintas pun kembali ramai, seperti tidak terjadi sesuatu.***

0 comments:

Blog Info

BLOG ini berisi sejumlah catatan jurnalistik saya yang sempat terdokumentasikan. Isi blog ini dapat dikutip sebagian atau seluruhnya, sepanjang menyebutkan sumbernya, karena itu salah satu cara menghargai karya orang lain. Selamat membaca.

Dedication Quote

ORANG yang bahagia itu akan selalu menyediakan waktu untuk membaca, karena itu sumber hikmah. Menyediakan waktu tertawa karena itu musiknya jiwa. Menyediakan waktu untuk berfikir karena itu pokok kemajuan. Menyediakan waktu untuk beramal karena itu pangkal kejayaan. Menyediakan waktu untuk bersenda gurau karena itu akan membuat awet muda.Menyediakan waktu beribadah karena itu adalah ibu dari segala ketenangan jiwa. [Anonim]