Tuesday, January 30, 2007

Polisi Gelar Sayembara Rp 100 Juta untuk Buru DPO Poso

Poso - Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah makin mengintensifkan pengejaran kepada 15 Daftar Pencarian Orang (DPO) Mabes Polri yang terkait kasus terorisme di Poso. Bahkan Polda Sulteng menggelar sayembara berhadiah Rp 100 juta rupiah bagi warga masyarakat yang memberikan informasi keberadaan Basri, DPO nomor 1 Mabes Polriyang diduga merupakan pimpinan kelompok bersenjata di Poso.

Kepolisian menggelar sayembara ini untuk mempercepat penangkapan lelaki yang berkali-kali lolos dari penyergapan Polisi ini. Basri diduga merupakan pimpinan kelompok bersenjata di Poso. Jika tertangka lelaki ini akan dijerat sejumlah kasus di mana dia sebagai pemberi perintah dan eksekutornya.

Dari pemeriksaan tim penyidik Mabes Polri dan Polda Sulteng, ia dituduhkan terlibat dalam memberikan perintah pembunuhan atas tiga siswi SMU Kristen Poso pada 25 November 2005.

Lalu berturut-turut ia terlibat sejumlah kasus yang dikategorikan sebagai pelanggaran atas Undang-Undang Terorisme semisal pelontaran granat dengan Granade Launcher Machine (GLM) 30 September dari belakang Lembaga Pemasyarakatan Poso. Kemudian penembakan atas Briptu Agus Sulaeman pada 2005 di Poso, saat itu Basri memberikan perintah kepada Enal Tao dan Nanto Bojel sebagai eksekutornya.

Bahkan pada penembakan Kapolres Poso AKBP Rudi Sufahriadi 2006, Basri juga terlibat memberikan perintah kepada Enal Tao dan Yono sebagai eksekutornya.

Atas keterlibatannya pada sejumlah kasus itu, Polda Sulteng kemudian menggelar sayembara berhadian Rp 100 juta rupiah bagi warga yang dapat memberikan informasi keberadaannya.

“Bagi warga masyarakat yang mengetahui keberadaan DPO atas nama Basri agar menginformasikannya kepada aparat Kepolisian terdekat dan apabila informasi tersebut benar akan diberikan imbalan seratus juta rupiah,” demikian keterangan Juru Bicara Satuan Tugas Human Polda Sulteng AKBP Wibowo.

Sayembara Rp 100 juta untuk memburu Basri tersebut berlaku efektif Rabu (31/1/2007)

------------------------------------------------------------------------------------
Daftar DPO Mabes Polri yang masih Diburu Polisi
------------------------------------------------------------------------------------
1. Basri
2. Agus Jenggot alias Boiren
3. Nanto Bojel
4. Hamdara Tamil
5. Papa Isran alias Papa Yus alias Man Labuan
6. Enal alias Tao
7. Iwan Asapa alias Ale
8. Ardin alias Rojak
9. Iin alias Brur
10. Amril Ngiode alias Aat
11. Taufik Baruga alias Upik
12. Yasin Lakita alias Acin
13. Yudi Parsan
14. Kholik alias Syafaat
15. Sanusi
------------------------------------------------------------------------------------

1 comments:

daniel john said...

What an amazing post that I have ever come through. It gives the information that I was really searching for the past week and I am really satisfied with this post. Need more like this. Thank you.

College Research Papers

Blog Info

BLOG ini berisi sejumlah catatan jurnalistik saya yang sempat terdokumentasikan. Isi blog ini dapat dikutip sebagian atau seluruhnya, sepanjang menyebutkan sumbernya, karena itu salah satu cara menghargai karya orang lain. Selamat membaca.

Dedication Quote

ORANG yang bahagia itu akan selalu menyediakan waktu untuk membaca, karena itu sumber hikmah. Menyediakan waktu tertawa karena itu musiknya jiwa. Menyediakan waktu untuk berfikir karena itu pokok kemajuan. Menyediakan waktu untuk beramal karena itu pangkal kejayaan. Menyediakan waktu untuk bersenda gurau karena itu akan membuat awet muda.Menyediakan waktu beribadah karena itu adalah ibu dari segala ketenangan jiwa. [Anonim]