Tuesday, September 05, 2006

Kejaksaan Jadwal Ulang Eksekusi Tibo, dkk

Palu – Eksekusi atas tiga terpidana mati Poso Fabianus Tibo, Dominggus da Silva dan Marinus Riwu akan segera dijadwalkan kembali. Rabu (6/9/2006) pihak Kejaksaan Tinggi, Kejaksaan Negeri Palu dan Kepolisian Daerah Sulawes Tengah direncanakan akan menggelar rapat koordinasi untuk penjadwalan ulang eksekusi atas Tibo dan kawan-kawan.

Penegasan ini disampaikan oleh Pelaksana Tugas Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah Mahfud Mannan, Selasa (5/9/2006) siang ketika menerima ratusan pemuda, pelajar dan mahasiswa Islam di Palu yang menggelar unjuk rasa mendesak eksekusi atas Tibo, dkk.

Menurut Mahfud, pihaknya akan menjadwal ulang pelaksaan eksekusi atas Tibo, dkk. “Besok (Rabu, 6/9--red), kami akan meminta waktu Kapolda Sulteng yang baru untuk menggelar rapat koordinasi untuk membahas masalah ini,” ujar Mahfud.

Pihak Kejaksaan sendiri sudah mempersiapkan hal-hal teknis terkait eksekusi atas Tibo, dkk.

“Keputusan hukumnya, adalah keputusan final. Jadi eksekusi tetap akan dilaksanakan. Mengenai kapan, itu akan dikoordinasikan dulu dengan pihak Kepolisian,” imbuhnya lagi.

Adapun Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah Komisaris Besar Polisi Badrodin Haiti menyatakan siap melaksanakan eksekusi jika sudah ada surat perintah dari Kejaksaan.

Ditanya soal kewenangan Kepolisian menentukan jadwal dan lokasi eksekusi, Badrodin menyatakan hal itu tergantung dari surat perintah Kejaksaan.

“Tidak ada intruksi khusus dari Kapolri Jenderal Sutanto berkaitan dengan eksekusi Tibo, dkk. Namun yang jelas bahwa hukum harus ditegakan,” tandas Badrodin.

Komandan Korem 132 Tadulako Palu Kolonel Infanteri Hussein Malik menyatakan bahwa tidak perlu ada kekhawatiran munculnya konflik baru terkait eksekusi Tibo, dkk.

“Kami siap mendukung Kepolisian sepenuhnya. Kami harapkan juga masing-masing pihak di Poso bisa menahan diri dan tidak menunjukkan arogansi kelompoknya masing-masing,” tekan Hussein.

Sementara itu, direncanakan pada Senin (9/9/2006) ribuan warga Pamona Selatan dan Pamona Utara, Poso, Sulawesi Tengah akan menggelar unjuk rasa mendesak dibatalkannya eksekusi atas Tibo, dkk.***

0 comments:

Blog Info

BLOG ini berisi sejumlah catatan jurnalistik saya yang sempat terdokumentasikan. Isi blog ini dapat dikutip sebagian atau seluruhnya, sepanjang menyebutkan sumbernya, karena itu salah satu cara menghargai karya orang lain. Selamat membaca.

Dedication Quote

ORANG yang bahagia itu akan selalu menyediakan waktu untuk membaca, karena itu sumber hikmah. Menyediakan waktu tertawa karena itu musiknya jiwa. Menyediakan waktu untuk berfikir karena itu pokok kemajuan. Menyediakan waktu untuk beramal karena itu pangkal kejayaan. Menyediakan waktu untuk bersenda gurau karena itu akan membuat awet muda.Menyediakan waktu beribadah karena itu adalah ibu dari segala ketenangan jiwa. [Anonim]