Saturday, September 30, 2006

Polda Sulteng Tambah 4 SSK Brimob di Poso

Palu – Poso kembali bergolak. Jumat (29/9) kemarin sekitar pukul 15.00 WITA, Markas Kepolisian Sektor (Mapolsek) Pamona Timur tiba-tiba diserang massa . Selain melakukan pelemparan dengan menggunakan batu, massa juga melakukan pembakaran dan perusakan terhadap 3 mobil milik polisi. Dua mobil dibakar massa adalah mobil truk dan mobil kijang patroli, sementara satu mobil patroli dirusak. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Dilaporkan suasana pagi ini di tempat kejadian perkara, terlihat masih mencekam. Polsek Pamona Timur yang mengalami kerusakan cukup parah dijaga oleh aparat TNI dari Batalyon 714 Sintuwu Maroso yang bermarkas di Kompi Pendolo.

Sampai saat ini belum diketahui penyebab dari aksi massa yang tiba-tiba menyerang Mapolsek Pamona Timur. Menurut Wakapolda Sulteng Kombes Pol I Nyoman Sidra, pihaknya sampai saat ini masih menyelidiki motif dibalik penyerangan itu.

“Beberapa warga yang sudah dimintai keterangan, tapi belum ada yang mengarah sebagai tersangka ataupun provokator yang menggerakkan massa untuk menyerang polsek,” jelas Nyoman.

Dugaan sementara, massa yang mengamuk itu disebabkan karena kedatangan Kapolda Sulteng Kombes Pol Badrodin Haiti dengan helicopter yang mendarat di lapangan tidak jauh dari massa yang melakukan pesta rakyat atau padungku (panen raya) . Selain itu dipicu juga dengan pelaksanaan eksekusi mati terhadap tiga terpidan mati kasus Poso, Tibo dan kawan-kawan

Melihat kedatangan Kapolda warga langsung marah dan melempari kendaraan yang ditumpangi Kapolda. Saat kejadian itu massa begitu beringas. Akhirnya Kapolda berhasil diselamatkan. Tidak hanya mobil polisi, massa juga sempat melempar heli. Namun bisa diselamatkan dan langsung terbang menjauhi lokasi. Untuk diketahui kedatangan Kapolda di Desa Taripa tersebut untuk memback-up langsung pencarian terhadap dua warga yang hilang itu.

Sementara itu, untuk mengantisipati meluasnya gangguan keamanan, sebanyak empat Satuan Setingkat Kompi (SSK), yang terdiri dari dua SSK Brimob Polda Kalimantan Timur dan dua SSK Brimob Polda Sulawesi Selatan , Jumat (29/9) malam, sekitar pukul 23.00 Waktu Indonesia Tengah (WITA), tiba di Bandara Mutiara Palu dan langsung diberangkatkan ke Kabupaten Poso Sulawesi Tengah.***

0 comments:

Blog Info

BLOG ini berisi sejumlah catatan jurnalistik saya yang sempat terdokumentasikan. Isi blog ini dapat dikutip sebagian atau seluruhnya, sepanjang menyebutkan sumbernya, karena itu salah satu cara menghargai karya orang lain. Selamat membaca.

Dedication Quote

ORANG yang bahagia itu akan selalu menyediakan waktu untuk membaca, karena itu sumber hikmah. Menyediakan waktu tertawa karena itu musiknya jiwa. Menyediakan waktu untuk berfikir karena itu pokok kemajuan. Menyediakan waktu untuk beramal karena itu pangkal kejayaan. Menyediakan waktu untuk bersenda gurau karena itu akan membuat awet muda.Menyediakan waktu beribadah karena itu adalah ibu dari segala ketenangan jiwa. [Anonim]