Tuesday, September 05, 2006

Bom Kembali Meledak di Poso, Satu Tewas

Poso – Sebuah bom kembali meledak di Poso, Sulawesi Tengah, Rabu (6/9/2006) pagi, sekitar pukul 10.00 Waktu Indonesia Tengah (WITA). Bom yang meledak di permukiman penduduk Desa Tangkura, Kecamatan Poso Pesisir Selatan itu menewaskan seorang lelaki yang belum diketahui identitas.

Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah Komisaris Besar Polisi Badrodin Haiti yang dihubungi Sinar Harapan membenarkan terjadinya peristiwa peledakan bom tersebut.

“Polisi sudah melakukan penyisiran dan penyelidikan di lokasi kejadian. Identitas korban yang dilaporkan meninggal itu sementara diselidiki. Bom tersebut diduga serupa dengan bom-bom sebelumnya. Untuk lebih rincinya, hal itu sementara diselidiki,” sebut Badrodin.

Badrodin menyatakan komunikasi ke daerah tersebut hanya bisa dilakukan dengan pesawat Handi Talky (HT) karena jaringan telepon biasa dan selular belum menjangkau wilayah itu.

Kepala Kepolisian Resor Poso AKBP Rudi Sufahriadi juga belum memberikan keterangan lengkap terkait aksi peledakan bom ini, karena pihaknya tengah menggelar rapat dengan Kapolda Sulteng yang baru.

“Saya baru mendapat informasi ada ledakan lagi di Tangkura, Poso dan benar dilaporkan satu orang tewas, Cuma kita belum mengetahui identitasnya. Tim Jihandak sudah melakukan penyisiran dan penyelidikan di lokasi. Lengkapnya kita tunggu saja hasil penyelidikan mereka,” demikian Rudi menjawab Sinar Harapan.

Dari informasi sumber Kepolisian setempat, bom tersebut berwadahkan chasing dari pipa paralon dilengkapi sumbu bakar. Diduga bom-bom tersebut serupa dengan bom-bom yang meledak selama ini di Poso. Namun belum diketahui apakah bom tersebut berisikan gotri dan lempengan logam atau bom hampa.

Situasi Kota Poso sendiri, Rabu (6/9/2006) hari ini terlihat berjalan normal. Aktivitas masyarakat di pusat perekonomian di Pasar Sentral Poso terlihat berjalan seperti biasanya. Arus lalu lintas keluar masuk Kota Poso juga berjalan lancar.

Hanya saja pemeriksaan arus lintas di pos-pos pengamanan sepanjang jalur Trans Sulawesi Poso-Tentena-Morowali dan Makassar terlihat diperketat. Mobil dan penumpang diperiksa di pos-pos keamanan setempat.

0 comments:

Blog Info

BLOG ini berisi sejumlah catatan jurnalistik saya yang sempat terdokumentasikan. Isi blog ini dapat dikutip sebagian atau seluruhnya, sepanjang menyebutkan sumbernya, karena itu salah satu cara menghargai karya orang lain. Selamat membaca.

Dedication Quote

ORANG yang bahagia itu akan selalu menyediakan waktu untuk membaca, karena itu sumber hikmah. Menyediakan waktu tertawa karena itu musiknya jiwa. Menyediakan waktu untuk berfikir karena itu pokok kemajuan. Menyediakan waktu untuk beramal karena itu pangkal kejayaan. Menyediakan waktu untuk bersenda gurau karena itu akan membuat awet muda.Menyediakan waktu beribadah karena itu adalah ibu dari segala ketenangan jiwa. [Anonim]