Saturday, August 26, 2006

Keluarga Kecewa Dilarang Bertemu Tibo

Palu - Harapan Nurlin Kasiala dan anaknya untuk menemui suaminya Fabianus Tibo, salah seorang terpidana mati kasus Poso lagi-lagi tidak tidak kesampaian. Pihak Lembaga Pemasyarakatan Klas 2A, Palu, Sulawesi Tengah tidak mengizinkan Nurlin dan keluarganya untuk bertemu Tibo.

Nurlin Kasiala didampingi anaknya Robertus Tibo dan Pastor Jimmy Tumbelaka yang ditunjuk sebagai rohaniawan Tibo Cs, Sabtu (26/8/2006) pagi kembali mendatangi Lembaga Pemasyarakatan Palu untuk membesuk Tibo//namun setibanya di Lapas, petugas tidak mengizinkan mereka masuk.

Alasan pihak Lapas, Tibo Cs bisa dibesuk keluarga, rohaniawan maupun penasehat hukumnya bila telah mendapat izin dari pihak kejaksaan tinggi Sulawesi Tengah. Memang, sejak Jumat (11/8/2006) lalu, pihak Lapas sudah tidak lagi mengizinkan pihak keluarga maupun yang lainnya untuk membesuk Tibo serta dua terpidana mati lainnya, Dominggus da Silva dan Marinus Riwu.

Padahal, Menurut Pastor Jimmy Tumbelaka sejak minggu lalu keluarga Tibo sudah mengurusi izinnya. Namun dengan berbagai alasan, mereka juga tetap dilarang bertemu Tibo. Sementara ia yakin pula masih banyak hal yang akan disampaikan Tibo kepada pihak-pihak terkait. Semisal harapan yang disampaikan Tibo berikut ini melalui Pastor Jimmy.

“Saya minta Bapak Presiden dengan segala hormat, tolong dia lihat kasus ini. Eksekusi itu bukan pemecahan masalah. Tidak eksekusi juga bukan pemecahan masalah. Pemecahan masalahnya adalah ungkap yang sebenarnya,” ujar Pastor Jimmy.

Adapun Nurlin Kasiala, istri Tibo mengaku sangat kecewa karena tidak diperkenakan menemui suaminya. Nurlin menuturkan semenjak eksekusi mati yang sedianya dilaksanakan 12 agustus 2006 tertunda, dirinya telah berkali-kali berusaha menemui suaminya. Namun selalu gagal karena tidak pernah diizinkan.

“Saya sangat kecewa tidak bisa bertemu,” aku Nurlin

Meski pelaksanaan eksekusi mati terhadap Tibo cs ditunda, namun hingga kini siapapun tidak diperbolehkan menemui ketiga terpidana mati kasus kerusuhan Poso ini. Ketiganya kini ditahan terpisah di sel khusus dengan pengamanan ekstra ketat.

1 comments:

Term Papers said...

I'm not a great deal into reading, but somehow I got to read plenty of articles here. It’s excellent how attractive it is for me to visit you very often.

Custom Thesis Writing Services

Blog Info

BLOG ini berisi sejumlah catatan jurnalistik saya yang sempat terdokumentasikan. Isi blog ini dapat dikutip sebagian atau seluruhnya, sepanjang menyebutkan sumbernya, karena itu salah satu cara menghargai karya orang lain. Selamat membaca.

Dedication Quote

ORANG yang bahagia itu akan selalu menyediakan waktu untuk membaca, karena itu sumber hikmah. Menyediakan waktu tertawa karena itu musiknya jiwa. Menyediakan waktu untuk berfikir karena itu pokok kemajuan. Menyediakan waktu untuk beramal karena itu pangkal kejayaan. Menyediakan waktu untuk bersenda gurau karena itu akan membuat awet muda.Menyediakan waktu beribadah karena itu adalah ibu dari segala ketenangan jiwa. [Anonim]