Friday, August 18, 2006

Bom Kembali Guncang Poso

Poso - Sebuah bom berkekuatan low explosive atau berdaya ledak rendah kembali meledak di Poso, Sulawesi Tengah, Jumat (18/8) pukul 23:45 Waktu Indonesia Tengah (WITA). Bom tersebut meledak di Jalan Trans Sulawesi, di depan Rumah Yoseph, warga Kelurahan Sayo, Kecamatan Poso Kota. Tidak ada korban jiwa akibat peledakan bom ini.

Ledakan bom berdaya ledak rendah tersebut mengejutkan warga setempat. Ledakan terdengar hingga radius 2 kilometer dari titik ledakan. Bom tersebut menghancurkan pot-pot bunga dan merusak bagian depan rumah Yoseph, warga Kelurahan Sayo. Bom tersebut diletakkan di oleh orang tak dikenal di rumah warga tersebut pada malam hari saat penghuni rumah tengah tertidur lelap.

Beberapa saat setelah kejadian tim penjinak bahan peledak (Jihandak) Satuan Brigade Mobil (Brimob) Kepolisian Daerah (Polda) Sulteng) langsung melakukan penyisiran. Untuk menghindari rusaknya tempat kejadian perkara (TKP) Polisi pun langsung memasang police line atau garis polisi.

Menurut Kepala Kepolisian Resor Poso AKBP Rudi Sufahriadi, dugaan sementara bom tersebut adalah bom hampa, karena tidak ditemukan adanya anasir-anasir logam atau semacamnya yang menyebar saat bom tersebut meledak. Bom tersebut dipastikan serupa dengan bom yang meledak pekan lalu di Stadion Kasintuwu, Poso Kota.

"Kami tengah menyelidiki peledakan bom ini. Motif dari aksi ini adalah upaya teror untuk membuat perasaan tidak aman bagi warga setempat," kata Rudi.

Rudi memastikan bahwa pelaku aksi peledakan bom ini masih berada di dalam wilayah Poso.

Sementara itu, situasi Kota Poso Kamis (19/8) hari ini terlihat berjalan lancar seperti biasanya. Aktivitas ekonomi di Pasar Sentral Poso terlihat tetap ramai, begitu pula arus lalu lintas keluar masuk Kota Poso.***

0 comments:

Blog Info

BLOG ini berisi sejumlah catatan jurnalistik saya yang sempat terdokumentasikan. Isi blog ini dapat dikutip sebagian atau seluruhnya, sepanjang menyebutkan sumbernya, karena itu salah satu cara menghargai karya orang lain. Selamat membaca.

Dedication Quote

ORANG yang bahagia itu akan selalu menyediakan waktu untuk membaca, karena itu sumber hikmah. Menyediakan waktu tertawa karena itu musiknya jiwa. Menyediakan waktu untuk berfikir karena itu pokok kemajuan. Menyediakan waktu untuk beramal karena itu pangkal kejayaan. Menyediakan waktu untuk bersenda gurau karena itu akan membuat awet muda.Menyediakan waktu beribadah karena itu adalah ibu dari segala ketenangan jiwa. [Anonim]