Friday, November 03, 2006

Tim Investigasi Tanah Runtuh Berdarah mulai Bekerja

Palu - Tim investigasi yang dibentuk sebagai rekomendasi dari pertemuan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan warga Islam di Palu (29/10) lalu, mulai Kamis (2/11) telah melakukan sejumlah pertemuan di Palu. Pertemuan pertama dengan Gubernur dan unsur Muspida Provinsi Sulawesi Tengah, selanjutnya bertemu dengan pihak kepolisian untuk mendengarkan paparan yang disampaikan Kapolda Sulteng, Brigadir Jenderal Polisi Badrodin Haiti.

Pada pertemuan yang berlangsung di Tanjung Karang Room Palu Golden Hotel Kamis (2/11) siang itu Kapolda Sulteng memaparkan bahwa kasus Tanah Runtuh itu tidak akan terjadi, jika warga tidak menyerang polisi. Saat itu polisi panik dan kewalahan sehingga membuang tembakan peringatan ke udara dan meminta bantuan tambahan pasukan dari Polres Poso.

"Anggota polisi terdesak, karena setelah warga membunyikan tiang listrik, tiba-tiba ratusan orang datang dan menyerang polisi," terang Kapolda.

Harun Nyak Itam Abu, salah seorang tim investigasi yang dibentuk kelompok Islam Tanah Runtuh, menyatakan warga tidak menyerang polisi, tapi sebaliknya polisi yang menyerang warga. Buktinya, sebelum terjadi peristiwa itu, sejak sore harinya polisi telah menyebar di sejumlah titik di sekitar Pesantren Amanah.

"Mereka masuk dari sejumlah arah. Bahkan ada yang sudah siap di atas bukti dan menembak ke arah warga," kata Harun Nyak Itam Abu yang juga korban kerusuhan Poso, Rabu (1/11) malam.***

0 comments:

Blog Info

BLOG ini berisi sejumlah catatan jurnalistik saya yang sempat terdokumentasikan. Isi blog ini dapat dikutip sebagian atau seluruhnya, sepanjang menyebutkan sumbernya, karena itu salah satu cara menghargai karya orang lain. Selamat membaca.

Dedication Quote

ORANG yang bahagia itu akan selalu menyediakan waktu untuk membaca, karena itu sumber hikmah. Menyediakan waktu tertawa karena itu musiknya jiwa. Menyediakan waktu untuk berfikir karena itu pokok kemajuan. Menyediakan waktu untuk beramal karena itu pangkal kejayaan. Menyediakan waktu untuk bersenda gurau karena itu akan membuat awet muda.Menyediakan waktu beribadah karena itu adalah ibu dari segala ketenangan jiwa. [Anonim]