Friday, November 03, 2006

Mabes Polri Umumkan 29 Buronan Teroris Poso

POSO---Mabes Polri akhirnya mempublikasikan foto delapan dari 29 orang dimasukkan dalam daftar pencarian orang atau DPO dalam sejumlah aksi-aksi terorisme di Poso dan Palu. Polisi mengakui baru berhasil menemukan foto delapan orang dari ke-29 orang buronan itu yang kini tengah diburu.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Brigadir Jenderal Polisi Anton Bachrul Alam, di kantor Polres Poso, Jalan Pulau Sumatera, Poso kota. Ke-29 orang DPO ini berasal dari dua kelompok yakni 26 orang dari kelompok Tanah Runtuh dan tiga orang lainnya dari kelompok Kompak. Anton mengatakan Polisi telah mengetahui lokasi persembunyian para buronan ini.

Meski mengaku telah mengetahui lokasi persembunyiannya, namun Anton meminta kepada para DPO, agar secepatnya menyerahkan diri demi membantu percepatan proses hukum. Menurutnya, para DPO sebagian besar masih bersembunyi di wilayah Poso.

Anton menambahkan bahwa ke-29 orang yang kini ditetapkan menjadi DPO ini diperoleh dari hasil pengembangan penyidikan 15 tersangka, yang telah ditangkap dan ditahan sebelumnya dan kini menjalani proses hukum di Poso, Palu dan Jakarta. Kelompok ini diidentifikasi juga termasuk dalam kelompok Jamaah Islamiyah.

Polri sendiri telah mengeluarkan Surat Perintah penangkapan ke-29 orang ini. SP penangkapan ini ditandatangani Brigjen surya Dharma, Direktur I Bareskrim Mabes Polri.

Berikut nama-nama 29 daftar pencarian orang mabes polri:

Kelompok Tanah Runtuh:Basri, Wiwin Kalahe alias Tomo, Agus jenggot alias Boiren, Nanto alias Bojel, Iwan Asapa alias Ale, Ardin alias Rojak, Iin alias Brur, Amril Ngiode alias Aat, Yudi Parsang, Dedi Parsang, Kholik Syafaat alias Rusdi, Sanusi, Enal, Hamdara Tamil, Anang, Nasir, Ateng Mardjo, Yasin Lakita, Tugiran, Sarjono, Aii Lakita, Opi Bonesompe, Udin alias Andi Bocor, Wahono, Rijal, dan Taufik alias Upik.

Sementara itu, dari kelompok Kayamanya-Kompak yaitu, Alex, Zulkifli, dan Mujadib Brekele.***

0 comments:

Blog Info

BLOG ini berisi sejumlah catatan jurnalistik saya yang sempat terdokumentasikan. Isi blog ini dapat dikutip sebagian atau seluruhnya, sepanjang menyebutkan sumbernya, karena itu salah satu cara menghargai karya orang lain. Selamat membaca.

Dedication Quote

ORANG yang bahagia itu akan selalu menyediakan waktu untuk membaca, karena itu sumber hikmah. Menyediakan waktu tertawa karena itu musiknya jiwa. Menyediakan waktu untuk berfikir karena itu pokok kemajuan. Menyediakan waktu untuk beramal karena itu pangkal kejayaan. Menyediakan waktu untuk bersenda gurau karena itu akan membuat awet muda.Menyediakan waktu beribadah karena itu adalah ibu dari segala ketenangan jiwa. [Anonim]