Monday, May 14, 2007

Terkait Illegal Logging, Ketua DPRD Poso Didesak Turun

Poso – Tidak Kurang dari 500 warga Poso, Sulawesi Tengah, Senin (14/5) menggelar unjuk rasa menuntut Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Poso Sawerigading Pelima dicopot dan turun dari jabatannya karena dinilai gagal dalam menjalankan amanah rakyat. Hal itu terkait dengan kasus illegal logging atau pembalakan liar yang melibatkan anggota Dewan dan kasus korupsi dana pemekaran Provinsi Sulawesi Timur serta beberapa kasus lainnya.

Ratusan massa yang menamakan diri Aliansi Masyarakat Bersaudara Sintuwu Maroso Poso ini mendatangi kantor DPRD Poso sekitar dengan membawa spanduk dan selebaran yang rata-rata isinya meminta Ketua Dewan Sawerigading Pelima harus mundur dan turun dari jabatannya. Di Kantor Dewan pimpinan massa kemudian bergantian untuk berorasi.

Dalam orasinya, massa meminta kepada Pelima yang juga Ketua Partai Damai Sejahtera Poso ini segera turun dari jabatannya karena dianggap gagal dalam menjalankan tugasnya. Pelima dan anggotanya dinilai tidak mampu mengemban amanah dari rakyat yang terwakilkan.

“Sejumlah anggota dewan terlibat kasus illegal logging, kemudian diduga melakukan korupsi dana pemekaran Provinsi Sulawesi Timur serta sejumlah kasus lainnya, tapi sampai saat ini kami tidak mendengar apa tindakan Ketua Dewan kepada anggotanya itu,” kata Hasan Lumi, tokoh masyarakat setempat.

Namun, karena Pelima tidak ada di tempat, massa hanya diterima oleh Wakil Ketua Dewan Poso Herry Sarumpaet. Menanggapi tuntutan warga, Herry menjawab tidak ada alasan untuk mencopot dan menurunkan S Pelima dari jabatannya.

“Saya kira Dewan sudah memenuhi tuntutan masyarakat tersebut. Kami menyerahkan penanganan hukumnya kepada aparat berwenang dan sesuai prosedur hokum yang berlaku,” kata Herry.

Karena tidak puas dengan penjelasan Dewan, massa memilih keluar dan membubarkan diri. Mereka mengancam akan melakukan aksi kembali jika tuntutan mereka tidak direspon secara serius.***

0 comments:

Blog Info

BLOG ini berisi sejumlah catatan jurnalistik saya yang sempat terdokumentasikan. Isi blog ini dapat dikutip sebagian atau seluruhnya, sepanjang menyebutkan sumbernya, karena itu salah satu cara menghargai karya orang lain. Selamat membaca.

Dedication Quote

ORANG yang bahagia itu akan selalu menyediakan waktu untuk membaca, karena itu sumber hikmah. Menyediakan waktu tertawa karena itu musiknya jiwa. Menyediakan waktu untuk berfikir karena itu pokok kemajuan. Menyediakan waktu untuk beramal karena itu pangkal kejayaan. Menyediakan waktu untuk bersenda gurau karena itu akan membuat awet muda.Menyediakan waktu beribadah karena itu adalah ibu dari segala ketenangan jiwa. [Anonim]