Sunday, May 20, 2007

Pengobatan Gratis untuk Rekonsiliasi

Poso - Berbeda dengan daerah lain Dinas Kesehatan Kabupaten Poso bersama Polisi Masyarakat memanfaatkan hari libur nasional dengan memberikan pelayanan dan pengobatan gratis kepada ratusan warga korban kerusuhan Poso.

Sedikitnya 100 warga poso baik Islam maupun Kristen Kamis (17/5) ramai-ramai mendatangi Kantor Kelurahan Sintuwu Lembah, Kecamatan Lage. Warga yang umumnya usia lanjut ini satu per satu mendapat pengobatan dan konsultasi kesehatan gratis dari tim medis yang telah disiapkan.

Warga yang berobat umumnya menderita penyakit sesak nafas, batuk dan gangguan pendengaran serta penglihatan. Mereka sangat senang karena bias mendapatkan pelayanan kesehatan gratis di saat ekonomi sulit saat ini.

Sutiyem, warga kelurahan Sintuwulemba mengaku cukup senang bisa mendapat pengobatan secara cuma-cuma apalagi ia berasal dari keluarga tidak mampu. Dengan pengobatan ini, ia berharap penyakit yang diderita selama ini bisa sembuh dan membaik.

“Saya ini sudah tua dan sering pusing-pusing, pandangan mata saya biasa berkunang-kunang,” tutur Sutiyem dalam logat Jawa yang masih kental, meski sudah puluhan tahun tinggal di KM 9.

Pmilihan Sintuwulemba yang juga dikenal dengan sebutan KM 9 sebagai lokasi pengobatan gratis tak lain untuk membangun kembali rekonsiliasi umat Islam dan Kristen di daerah bekas konflik ini. Selain itu juga untuk menghidupkan kembali kawasan yang bak kota mati karena ditinggal penduduknya. Dinas Kesehatan berencana menggilir pengobatan gratis di seluruh wilayah Poso.

Sintuwulemba alias KM 9 dulu cukup dikenal warga karena di lokasi inilah ratusan warga muslim tewas dalam konflik bernuansa sara 2001 silam. Di kawasan ini berdiri pula pesantren yang cukup tersohor ketika itu, yakni Pesantren Walisongo yang berafiliasi ke Muhammadiyah. Akibat konflik, kawasan ini bagaikan kota mati karena sisa warga yang selamat semuanya lari
dan mengungsi.***

1 comments:

sueb said...

akhirnya ada brita baek juga dari daerah "sono"

Blog Info

BLOG ini berisi sejumlah catatan jurnalistik saya yang sempat terdokumentasikan. Isi blog ini dapat dikutip sebagian atau seluruhnya, sepanjang menyebutkan sumbernya, karena itu salah satu cara menghargai karya orang lain. Selamat membaca.

Dedication Quote

ORANG yang bahagia itu akan selalu menyediakan waktu untuk membaca, karena itu sumber hikmah. Menyediakan waktu tertawa karena itu musiknya jiwa. Menyediakan waktu untuk berfikir karena itu pokok kemajuan. Menyediakan waktu untuk beramal karena itu pangkal kejayaan. Menyediakan waktu untuk bersenda gurau karena itu akan membuat awet muda.Menyediakan waktu beribadah karena itu adalah ibu dari segala ketenangan jiwa. [Anonim]