Sunday, May 13, 2007

Bea Cukai Tangkap 20 Ton Bahan Peledak

Palu – Ratusan karung bahan peledak jenis Ammonium Nitrat disita aparat Bea dan Cukai Pantoloan, di Perairan Laut Mangkaliat, Sulawesi Tengah. Bahan peledak yang mencapai dua puluh ton ini berasal dari Tawau, Malaysia dan rencannya akan dibawa menuju Takabonerate, Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan.

Penangkapan ratusan karung bahan peledak ini bermula ketika Satuan Tugas Bea dan Cukai yang melakukan patroli di Kawasan Perairan Laut Tolitoli melihat sebuah kapal motor berbendera Indonesia bernama KLM Surya Indah, Jumat dini hari lalu. Karena curiga, aparat Bea dan Cukai kemudian mencegat kapal ini.

Saat diperiksa, ternyata kapal ini mengangkut 820 karung pupuk Ammonium Nitrat buatan Perancis, yang kerap digunakan sebagai bahan baku pembuatan bom. Untuk mengelabui petugas, pemilik melapisi karung ini dengan dengan karung plastik kosong. Sang juragan kapal bernama Atikurahman yang diinterogasi tidak mampu menunjukkan dokumen resmi dan hanya dilengkapi dokumen Kasta dari Malaysia. Petugas Bea dan Cukai pun membawa kapal yang pengangkut ratusan karung Ammonium Nitrat ini ke Pantoloan.

Menurut ketua tim Satgas Bea dan Cukai Pantoloan, Prasetyo dari keterangan juragan kapal menyebutkan kalau ratusan karung Ammonium Nitrat ini dibawa dari Tawau, Malaysia dan rencananya dibawa ke Takabonerate, Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan. Bahan peledak ini menurut pengakuan juragan akan digunakan untuk membuka lahan kelapa sawit di Takabonerate.

“Kami masih menyelidiki intensif juragan dan ABK kapal ini, tidak menutup kemungkinan barang berbahaya yang biasanya dijadikan bahan peledak ini akan diselundupkan ke Poso dan Palopo untuk disalahgunakan seperti yang sudah-sudah,” kata Prasetyo, Minggu (13/5) siang di Pangkalan Bea dan Cukai, Pantoloan, Sulawesi Tengah.

Saat ini, juragan kapal motor surya indah diamankan dan dititip di Rumah Tahanan Maesa Palu. Sedangkan ratusan karung bahan peledak serta kapalnya diamankan di Pangkalan Bea dan Cukai Pantoloan.***

2 comments:

sueb said...

serem yah... maenannya bahan peledak. meding saya dons... maen mata doang!

Anonymous said...

awal yang baik

Blog Info

BLOG ini berisi sejumlah catatan jurnalistik saya yang sempat terdokumentasikan. Isi blog ini dapat dikutip sebagian atau seluruhnya, sepanjang menyebutkan sumbernya, karena itu salah satu cara menghargai karya orang lain. Selamat membaca.

Dedication Quote

ORANG yang bahagia itu akan selalu menyediakan waktu untuk membaca, karena itu sumber hikmah. Menyediakan waktu tertawa karena itu musiknya jiwa. Menyediakan waktu untuk berfikir karena itu pokok kemajuan. Menyediakan waktu untuk beramal karena itu pangkal kejayaan. Menyediakan waktu untuk bersenda gurau karena itu akan membuat awet muda.Menyediakan waktu beribadah karena itu adalah ibu dari segala ketenangan jiwa. [Anonim]