Sunday, April 15, 2007

Dua Bom Guncang Kota Poso Lagi

Poso - Kepala Kepolisian Resor Poso AKBP Ademi Mohan Dg Pabali menyatakan bahwa pelaku peledakan bom Sabtu (15/4) malam lalu di Kasiguncu, Poso Pesisir Utara adalah kelompok lama yang sudah diidentifikasi Polisi. Mereka tidak menginginkan situasi berlangsung kondusif di Poso. Bom meledak menjelang kedatangan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Aburizal Bakrie ke Palu dan Poso.

Seperti diketahui, warga Kasiguncu, Poso Pesisir Utara, Poso, Sulawesi Tengah terusik lagi ketenangannya setelah dua bom kembali meledak, Minggu (15/4) malam sekitar pukul 19.45 Waktu Indonesia Tengah (WITA) di depan rumah Yohannes Puti, warga setempat. Beruntung tidak ada korban jiwa akibat ledakan itu.

Sawaliah (50), warga setempat mengatakan bahwa mereka tidak sempat melihat siapa yang meledakkan bom. Ia hanya sempat mengintip keluar setelah sebuah ledakan keras terjadi.

"Waktu itu warga kebanyakan sudah di dalam rumah. Jadi tidak ada yang melihat siapa yang menaruh bom itu. Warga baru kaget setelah terdengar ledakan keras," kata Sawaliah.

Setelah mendapat laporan dari pos kepolisian setempat, tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) Satuan Brimob Polda Sulteng langsung tiba di lokasi. Jihandak langsung memasang police line dan melakukan penyisiran di lokasi. Namun tidak ditemukan adanya bom lain.

Laboratorium forensik Polda Sulteng yang melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) menemukan sejumlah barang bukti yang dipastikan sebagai bagian bom. Barang bukti yang ditemukan itu berupa chasing bom dari pipa paralon, lakban, dan paku-paku.

Kepala Kepolisian Resor Poso AKBP Ademi Mohan Daeng Sibali membenarkan adanya lagi kejadian peledakan bom tersebut.

"Saat ini tim forensik sudah melakukan olah TKP dan kami juga masih menyelidiki pelaku serta motif peledakan bom ini" kata Ademi.

Dari penyelidikan sementara, bom yang meledak ini serupa dengan bom-bom yang meledak sebelum di Poso. Kelompok mereka pun sudah teridentifikasi oleh Kepolisian.

"Kami menduga ini ulah kelompok lama dari material atau bagian-bagian bom yang diselidiki oleh tim Jihandak," sambung Ademi.

Kapolda Sulteng Brigjen Badrodin Haiti juga menyatakan hal serupa. Ia mengatakan bahwa ada kelompok yang tidak ingin melihat kondisi di Poso makin kondusif.***

2 comments:

Resume Writing said...

Cover Letter:Finally a smart blogger-man…I love how you’re thinking…and writing!

Term Papers said...

This was really what I was looking for, and I am glad to come here! Thanks for giving out such information with us. Thank you very much. This is a huge article, thank you for sharing.

Term Paper Writing Services

Blog Info

BLOG ini berisi sejumlah catatan jurnalistik saya yang sempat terdokumentasikan. Isi blog ini dapat dikutip sebagian atau seluruhnya, sepanjang menyebutkan sumbernya, karena itu salah satu cara menghargai karya orang lain. Selamat membaca.

Dedication Quote

ORANG yang bahagia itu akan selalu menyediakan waktu untuk membaca, karena itu sumber hikmah. Menyediakan waktu tertawa karena itu musiknya jiwa. Menyediakan waktu untuk berfikir karena itu pokok kemajuan. Menyediakan waktu untuk beramal karena itu pangkal kejayaan. Menyediakan waktu untuk bersenda gurau karena itu akan membuat awet muda.Menyediakan waktu beribadah karena itu adalah ibu dari segala ketenangan jiwa. [Anonim]