Sunday, April 15, 2007

Dokter Cilik Sembuhkan Pasien dengan Doa “Bapa Kami di Surga”

Palu – Namanya Selvin Bungge. Usianya baru 8 tahun. Ia bocah perempuan ajaib yang kini digelari dokter cilik oleh masyarakat Poso, Sulawesi Tengah. Pasalnya, ia dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit, termasuk kebutaan dan kelumpuhan. Tersiar kabar dia mengobati orang hanya dengan doa “Bapa Kami di Surga” dan lagu “Allah Kuasa Melakukan Segala Perkara”.

Dokter cilik ini tinggal bersama orang tuanya di Desa Meko, Kecamatan Pamona Barat, Kabupaten Poso, sekitar 120 kilometer dari Poso. Ia masih menjadi murid kelas 2 SDN Meko dan murid sekolah minggu GKST El Shaday Meko. Sekolah minggu ini milik ayahnya. Selvin yang beragama Kristen Protestan ini dikenal sebagai bocah perempuan yang rajin beribadah.

Sayang sampai sekarang bagaimana proses pengobatan dokter cilik ini masihlah tanda tanda tanya besar, sebab para wartawan cetak maupun elektronik dilarang untuk mengambil potret, gambar maupun wawancaranya. Kata orang tuanya, itu sesuai pesan Selvin, sebab ia takut berkah yang diberikan Tuhan padanya akan hilang.

Sejak Januari 2007 lalu, di buku tamunya, pasien dan tamu yang berdatangan tidak kurang dari delapan ribu orang. Sementara ratusan lainnya masih terus menunggu giliran pengobatan yang hanya digelar dua hari dalam seminggu yakni Senin dan Jumat. Bagi yang masih menunggu giliran, mereka rela tinggal di tenda-tenda, balai desa maupun rumah-rumah penduduk di dekat tempat tinggal Selvin.

Beragam penyakit bisa disembuhkan mulai dari penyakit ringan asma hingga penyakit berat semisal stroke. Tapi tidak semua orang yang datang akan dilayani oleh Selvin. Kadangkala ia meminta agar mereka kembali saja ke rumahnya dan segera bertobat pada Allah.

Apakah dia dibayar untuk jasa pengobatannya yang terbilang luar biasa itu? Ternyata tidak. Ia selalu menolak. Pernah ada orang yang disembuhkan lalu memberinya uang jutaan rupiah, namun uang itu ditampiknya. Ia hanya mengambil Rp 1000.

“Ini saya ambil seribu untuk sumbangan gereja,” kata Selvi seperti yang ditirukan oleh ayahnya.

Pendeta Rinaldy Damanik, anggota Majelis Sinode Gereja Kristen Sulawesi Tengah mengakui kabar tentang kehebatan Selvin. Ia mengakui bahwa memang ada orang buta dan orang lumpuh yang disembuhkan oleh dokter cilik ini.

Sampai kini, praktik pengobatan Selvin ini masih terus berlangsung. Warga yang datang meminta untuk diobati oleh Selvi tidak hanya dari Sulawesi Tengah, tapi juga Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara dan Gorontalo.

Kekuasaan Tuhan memang ditunjukkanNya di mana-mana yang Dia inginkan.***

3 comments:

henny said...

Gimana kabar cerita tentang melvin sekarang, aku bisa tau nggak yah mengenai penyembuhan yang dia lakukan sekarang, cerita tentang otang yang telah disembuhkan itu gimana kelanjutannya ?? ada kah perbaikan iman, adakah yang berubah untuk mengikuti jalan Tuhan Yesus dengan benar ???,

Garam Dunia said...

"Kekuasaan Tuhan memang ditunjukkanNya di mana-mana yang Dia inginkan"

Amin amin... biarlah kemulian untukNya saja!

anggie said...

Selamanya Dia akan tetap mengasihi kita jadi yakin dan percayalah bahwa apa yang terjadi di Meko adalah karena cinta dan kasihNya.

Blog Info

BLOG ini berisi sejumlah catatan jurnalistik saya yang sempat terdokumentasikan. Isi blog ini dapat dikutip sebagian atau seluruhnya, sepanjang menyebutkan sumbernya, karena itu salah satu cara menghargai karya orang lain. Selamat membaca.

Dedication Quote

ORANG yang bahagia itu akan selalu menyediakan waktu untuk membaca, karena itu sumber hikmah. Menyediakan waktu tertawa karena itu musiknya jiwa. Menyediakan waktu untuk berfikir karena itu pokok kemajuan. Menyediakan waktu untuk beramal karena itu pangkal kejayaan. Menyediakan waktu untuk bersenda gurau karena itu akan membuat awet muda.Menyediakan waktu beribadah karena itu adalah ibu dari segala ketenangan jiwa. [Anonim]