Friday, March 23, 2007

Kontras Sulawesi Desak Polres di Sulteng Audit Senjata Api


Palu - Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (Kontras) Sulawesi mendesak semua Polres di Wilayah Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah (Polda Sulteng) melakukan pemeriksaan sekaligus mengaudit senjata api (Senpi) untuk menghindari kecelakaan dan penyalahgunaannya.

“Pemeriksaan ini harus dilakukan serentak dan merata pada semua tingkatan Polres di Sulteng,” demikian penegasan Koordinator Kontras Sulawesi, Edmond Leonardo.

Menurut Edmon, pemeriksaan tersebut harus dilakukan menyeluruh atas semua anggota Polri, baik jumlah senpi maupun amunisinya. Di samping itu tentu saja kelengkapan adminsitrasinya, yakni surat izin memegang senpi. Kemudian diteruskan dengan psikotest bagi anggota Polri yang memang harus memegang senpi semisal anggota reserse.

“Yang tidak kalah pentingnya adalah pemeriksaan senpi maupun amunisi yang disimpan dalam gudang-gudang milik Polri, karena tidak menutup kemungkinan adanya kehilangan,” kata Edmon.

Di Sulawesi Tengah sejumlah kasus penyalahgunaan senpi oleh anggota Polri pernah beberapa kali terjadi. Kasus itu antara lain adalah penembakan yang dilakukan oleh seorang anggota Polsek Buol pada seorang warga sipil tahun 2006 lalu, kemudian penembakan yang menewaskan Akbal Setyawan (27) warga Palu Barat pada Januari 2007 lalu oleh Bripda Andri.

Sejauh ini baru Polresta Palu dan Polres Buol yang melakukan pemeriksaan dan penarikan senpi bermasalah yang dimiliki oleh anggotanya.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh Polres Tolitoli atas 108 pucuk senpi yang dimiliki anggota Kepolisian setempat, sebanyak 32 pucuk Senpi dianggap bermasalah dan kemudian ditarik karena surat izinnya telah kadaluwarsa. Atas hasil pemeriksaan itu, 32 anggota Polri setempat pun telah menjalani pemeriksaan.***

4 comments:

ndy said...

Salam kenal :)
Makasih sudah bertandang ke blog Ndy. Makasih juga pujiannya. Waduh, jadi malu. Sy kan masih belajar.
Btw, salut!!! Pencari berita di daerah konflik. Tapi skrg lagi di Mks kan??
Kalo sempat, ikutan kopdar blogger Mks ya.. Info2nya bisa diliat di www.angingmammiri.org
See u..

astaqauliyah said...

Salam kenal

Wen Guang said...

Emang dimana-mana di daerah perang, apa pun bisa jadi objekan. Jangan senpi, di aceh dulu ABRI juga katanya jualan ganja.

Term Papers said...

Thank you for sharing the interesting story.

Blog Info

BLOG ini berisi sejumlah catatan jurnalistik saya yang sempat terdokumentasikan. Isi blog ini dapat dikutip sebagian atau seluruhnya, sepanjang menyebutkan sumbernya, karena itu salah satu cara menghargai karya orang lain. Selamat membaca.

Dedication Quote

ORANG yang bahagia itu akan selalu menyediakan waktu untuk membaca, karena itu sumber hikmah. Menyediakan waktu tertawa karena itu musiknya jiwa. Menyediakan waktu untuk berfikir karena itu pokok kemajuan. Menyediakan waktu untuk beramal karena itu pangkal kejayaan. Menyediakan waktu untuk bersenda gurau karena itu akan membuat awet muda.Menyediakan waktu beribadah karena itu adalah ibu dari segala ketenangan jiwa. [Anonim]