Tuesday, May 11, 2010

213.328 Warga Kota Palu Pilih Wali Kota

Palu -Sebanyak 213.328 warga Kota Palu, Ibu Kota Sulawesi Tengah (Sulteng), diharapkan menggunakan hak politiknya dalam pemilihan umum kepala daerah (pilkada) setempat yang dijadwalkan pada 4 Agustus 2010.

Pjs Ketua KPU Kota Palu Mukhlis Hakim Lubis mengemukakan di Palu, Jumat (19/2), jumlah pemilih itu masih data sementara yang diterima dari Pemkot Palu dan akan diverifikasi sebelum menetapkan jumlah pemilih tetap, dilanjutkan dengan penentuan tempat pemungutan suara (TPS). Sesuai data yang diserahkan Sekda Kota Palu, jumlah penduduk Kota Palu dewasa ini mencapai 306.257 jiwa yang tersebar di empat kecamatan. Penduduk potensial pemilih adalah 213.328 orang.

Data penduduk ini, kata Mukhlis, selain menjadi acuan untuk menetapkan daftar pemilih tetap (DPT), juga akan menjadi tolak ukur penentuan sah tidaknya seorang calon independen mendaftar sebagai bakal calon wali kota. KPU Provinsi Sulawesi Tengah telah menjadwalkan Pilkada Kota Palu pada 4 Agustus 2010, yang semula akan dilaksanakan 2 Juni 2010.

Mundurnya pelaksanaan Pilkada Kota Palu itu, kata Patricia, anggota KPU Sulteng, disebabkan belum adanya alokasi anggaran yang diminta sebesar Rp12 miliar dan adanya permasalahan hukum di internal KPU Kota Palu. Plt Ketua KPU Kota Palu Mukhlis Lubis mengaku, masih menunggu keputusan pemkot setempat apakah ajuan anggaran pilkada itu bisa disetujui seluruhnya atau tidak.

Kota Palu menggelar Pilkada 2010 sehubungan dengan akan berakhirnya masa jabatan Rusdy Mastura/Tony Tombolotutu sebagai wali kota dan wakil wali kota periode 2005-2010. Rusdy dan Tony hampir dipastikan akan bersaing pada pilkada ini karena dua-duanya telah menyatakan maju sebagai calon wali kota periode 2010-2015. Selain kedua incumbent itu, beberapa nama bakal calon yang sudah mencuat dan memasang umbul-umbul sosialisasi diri saat ini adalah Drs Hidayat, M.Si (mantan pejabat Bupati Sigi), Helmy D. Yambas, SE (mantan anggota DPRD Sulteng) dan H. Kamil Barun, SE.M.Si (Pemimpun Umum/Pemred harian Radar Sulteng/Jawa Pos Group). (Antara)

1 comments:

www.santa-cruz-3d.com said...

Quite helpful piece of writing, thanks so much for this post.

Blog Info

BLOG ini berisi sejumlah catatan jurnalistik saya yang sempat terdokumentasikan. Isi blog ini dapat dikutip sebagian atau seluruhnya, sepanjang menyebutkan sumbernya, karena itu salah satu cara menghargai karya orang lain. Selamat membaca.

Dedication Quote

ORANG yang bahagia itu akan selalu menyediakan waktu untuk membaca, karena itu sumber hikmah. Menyediakan waktu tertawa karena itu musiknya jiwa. Menyediakan waktu untuk berfikir karena itu pokok kemajuan. Menyediakan waktu untuk beramal karena itu pangkal kejayaan. Menyediakan waktu untuk bersenda gurau karena itu akan membuat awet muda.Menyediakan waktu beribadah karena itu adalah ibu dari segala ketenangan jiwa. [Anonim]